Kamis, 12 Januari 2012

Publikasi Ilmiah : abu.028@gmail.com


Publikasi Ilmiah Abubakar : abu.028@gmail.com
Sebagian publikasi yang diterbitkan
Triyantini, Abubakar, Roswita S dan Hadi S. 2000. Mutu karkas ayam hasil teknik pemotong an berbeda. Pros Sem Nas Peternakan dan Veteriner. Bogor, 18-19 Oktober.
Abubakar, E.Dyah, H.Lengkey dan DS Soetardjo. 2000. Kajian tentang dosis strater dan lama fermentasi terhadap mutu kefir. Pros Sem Nas Pet dan Vet Bogor, 19-20 November.
Abubakar dan Nurjanah. 2001. Pengaruh suhu dan waktu pasteurisasi terhadap mutu susu selama penyimpanan. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner. Bogor (6):1
Abubakar dan B. Haryanto. 2001. Karakteristik karkas dan kualitas daging sapi PO yang mendapat pakan mengandung probiotik. Pros Sem Nas Tek Pet dan Vet. Bogor, 17-18 September.
Abubakar. 2003. Mutu karkas ayam hasil pemotongan tradisional dan penerapan sistem Hazard Analysis Critical Control Point.  Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian 22 (1): 33-39.
Abubakar dan D.C. Budinuryanto. 2003. Kinerja sistem keamanan, Karakteristik aktivitas pemotongan dan penanganan karkas ayam di RPA tradisional, kaitannya dengan penerapan sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Pros Sem Nas Tek Pet dan Vet. Bogor, 29-30 September: 481-488
Abubakar dan Sugiarto. 2003. Tulang sapi sumber suplemen kalsium. Pros Sem Nas Per himpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). UGM Yogyakarta, 22-23 Jul
Abubakar, Tri Budhi M, Widodo, R. Maryam dan S Rachmawati. 2003. Pengaruh penambah an aroma dan penggunaan jenis gula terhadap mutu organoleptik susu pasteurisasi. Pros Sem Nas PATPI, UGM Yogyakarta, 22-23 Juli.  
Abubakar, D. Mustika dan Sugiarto. 2004. Zat besi dari sumsum tulang sapi sebagai sup lemen untuk pencegahan anemia gizi. Pros Sem Nas Tek Pet dan Vet. Bogor, 4-5 Agustus
Abubakar, Sugiarto dan Kusningsih. 2004. Pengaruh penambahan ampas tahu dan lemak terhadap kualitas sosis itik. Pros Sem Nas Tek Pet dan Vet. Bogor, 4-5 Agustus.
 Abubakar. 2004. Strategi peningkatan kualitas produk melalui teknologi  pascapanen dalam pengembangan agribisnis kambing. Pros Lokakarya Nasional Kambing Potong. Bogor, 6 Agustus
Abubakar dan Triyantini. 2005. Penerapan teknologi pascapanen untuk meningkatkan nilai tambah hasil ternak mendukung pengembangan usaha ternak di lahan kering. Pros Sem Nas Pengembangan Usaha Peternakan Berdaya Saing di Lahan Kering. Yogyakarta, 2 Juni. Kerjasama Fapet UGM dan Puslitbang Peternakan. :248-250.
Abubakar. 2005. Keamanan pangan daging ayam akibat flu burung (Avian Influenza). Pros Sem Nas Teknologi Inovatif Pascapanen untuk pengembangan industri berbasis pertanian. Bogor, 7-8:1218 -1228.
Abubakar. 2005. Strategi peningkatan mutu hasil ternak itik melalui teknologi pascapanen dalam pengembangan usaha ternak di lahan kering. Pros Sem Nas Pengembangan Usaha Peternakan Berdaya Saing di Lahan Kering. Kerjasama Fapet UGM dan Puslitbang Peternakan. Fapet UGM Yogyakarta,  2 Juni.
Edy Mulyono, Abubakar dan Djayeng Sumangat. 2005. Teknologi inovatif pengolahan buah semu jambu mete untuk mendukung agroindustri. Pros Sem Nas Teknologi Inovatif Pascapanen Untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. BB Pascapanen Pertanian. Bogor, 7-8 September.
·         Edy Mulyono dan Abubakar. 2005. Teknologi pengolahan minyak kulit biji mete (CNSL) dan pemanfaatannya untuk industri. Pros Sem Nas Teknologi Inovatif Pascapanen Untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. BB Pascapanen Pertanian. Bogor, 7-8 September.
Abubakar dan Widaningrum. 2006. Penetapan CCP (Critical Control Point) proses pemotongan ayam di RPA tradisional untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan karkas ayam. Pros Sem Nas PATPI. Yogyakarta, 2-3 Agustus. Kerjasama PATPI dengan Jur. TPHP-UGM, Pusat Studi Pangan dan Gizi-UGM. : 97-110.
Abubakar. 2006. Mutu dan keamanan pangan produk dan olahan hasil ternak unggas. Pros Sem Nas PATPI. Yogyakarta, 2-3 Agustus. Kerjasama PATPI dengan Jur. TPHP-UGM, Pusat Studi Pangan dan Gizi-UGM:159 -168
Abubakar, Edy Mulyono dan Yulianingsih. 2006. Prospek oleoresin dan penggunaannya di Indonesia. Pros Konferensi Nasional Minyak Atsiri, Solo, 18-20 September Kerjasama Direktorat Industri Kimia dan Bahan Bangunan Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Departemen Peindustrian dan Departemen TIN-IPB.
·          Abubakar. 2007. Karakteristik fisik, kimiawi dan mikrobiologis karkas  ayam  terindikasi dari ayam tiren. Pros Sem Nas PATPI. Kerjasama PATPI dengan Jur.TIP-UNPAD,TP Pasundan dan STIPER Jabar. Bandung, 17-18 Juli.Hlm 87.

·          Abubakar. 2007. Inovasi Teknologi Pengolahan hasil ternak itik. Pros Sem Nas, Inovasi dan Alih teknologi spesifik lokasi mendukung Revitalisasi Pertanian. Medan, 5 Juni.

·         Abubakar. 2007. Teknologi Pemotongan dan Penanganan Daging Unggas serta Sosialisasi Penerapan HACCP di RPA/TPU tradisional. Pros Sem nas, Inovasi dan Alih teknologi spesifik lokasi mendukung Revitalisasi Pertanian. Medan, 5 Juni.

·         Hernani, Eni K dan Abubakar. 2007. Senyawa anti jamur dari lengkuas merah. Pros Sem Nas dan Pengemb teknologi tanaman obat dan aromatik. Bogor, 6 September.

·         Sri Usmiati dan Abubakar. 2007. Teknologi Penanganan dan Pengamanan Susu Segar dan Olahannya. Pros Sem Nas Hari Pangan Sedunia XXVI. Bogor, 21 November.

·         Abubakar dan Widaningrum. 2008. Penentuan Critical Control Point (CCP) dan Control Point (CP) pada proses pembuatan mi basah dari tepung ubi jalar dengan campuran pati ubi kayu. Pros Sem Nas Sains, Peran Sains dalam kebangkitan Pertanian. FMIPA-IPB.   Bogor, 1 November.

·         Widaningrum dan Abubakar. 2008. Inovasi Teknologi Pengolahan Sayuran: Sayuran kering dan sayuran siap santap. Pros Sem Nas Sains, Peran Sains dalam kebangkitan Pertanian. FMIPA-IPB. Bogor, 1 November.

·         Abubakar. 2008. Standardisasi Rumah Potong Ayam (RPA) “Tradisional” dan Penerapan HACCP dalam Proses Pemotongan Ayam di Indonesia. Pros Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi. PPIS, BSN. Jakarta, 25 November.

·         Abubakar, Suwandi dan Bahtar Bakrie. 2009. Restrukturisasi tempat pemotongan ayam (TPA) dan peningkatan mutu serta keamanan karkas ayam di DKI Jakarta (Dukungan terhadap pelaksanaan Perda DKI-No.4/2007). Pros Simposium Tek Inovatif Pasca panen II. Bogor, 14 Agustus.

·         Abubakar dan Wisnu Broto. 2009. Strategi, Kebijakan dan Program Teknologi Pascapanen dan Penerapan HACCP dalam Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan Susu Sapi Segar. Pros Simposium Tek Inovatif Pasca panen II. Bogor, 14 Agustus.

·         Agus S.Soemantri dan Abubakar. 2010. Sistem Penunjang Keputusan untuk menentukan Kelas Mutu Jagung dengan menggunakan Teknologi Pengolahan Citra Digital dan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Penelitian Pascapanen Pertanian. 7 (1).

·         Abubakar. 2010. Teknologi Pascapanen Untuk Meningkatkan Mutu dan Keamanan Pangan Serta Nilai Tambah Ternak Itik Menunjang Pembangunan Sub Sektor Peternakan. Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian. 6 (1)

·         Abubakar, Risfaher dan Y. Haryadi. 2010.  Pengaruh sulfurisasi terhadap stabilitas kadar β-karoten pada pembuatan tepung pisang raja bulu. Pros Sem Nas Teknologi Pasca panen Pertanian. Bogor, 17 Desember

·         Abubakar dan E. Purwanti. 2010. Karakteristik yoghurt susu sapi pada berbagai perbanding an starter. Pros Sem Nas Teknologi Pascapanen Pertanian. Bogor, 17 Desember

·         Budi H, Sutrisno, K.B.Seminar, RRA.Maheswari dan Abubakar. 2010. Inaktivasi mikroba dan kualitas susu sapi yang dipasteurisasi dengan metode HPEF pada chamber statik. . Pros Sem Nas Teknologi Pascapanen Pertanian. Bogor, 17 Desember.

·         Abubakar dan A. Azizs. 2011. Sifat fisik, kimia dan palatabilitas nugget daging itik lokal (Anas platyrynchos) dengan penambahan karagenan. Pros Sem Nas Tek Peternakan dan Veteriner. Bogor, 7-8 Juni

·         Abubakar. 2011. Penerapan Manajemen Mutu Mendukung Standardisasi dan Keamanan susu sapi segar di Indonesia. Pros Sem Nas Tek Peternakan dan Veteriner. Bogor, 7-8 Juni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar